Pilih Laman

Medan — Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Daerah Sumatra Utara menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU), Rabu (6/11). Kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerja sama penyelenggaraan pameran buku bertajuk Medan Book Fair.

Ketua Ikapi Daerah Sumut Ir Doni Irfan Alfian dan Rektor UMSU Dr Agussani MAP yang diwakili oleh Wakil Rektor II Akrim MSi menandatangani nota kesepahaman tersebut. Acara penandatangan juga dihadiri oleh Pejabat Kanwil Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara, unsur jajaran rektorat dan staf UMSU beserta mahasiswa, dan para pengurus Ikapi Daerah Sumatra Utara.

Berdasarkan nota kesepahaman tersebut, Ikapi Sumut dan UMSU juga sepakat untuk menjalin kerja sama di bidang penerbitan. Unit penerbitan UMSU, yaitu UMSU Press, akan bergabung menjadi anggota Ikapi. Kedua belah pihak juga sepakat untuk saling berbagi informasi mengenai dunia penerbitan dan dunia literasi serta hal-hal lain yang berkembang di masa mendatang.

Doni berharap semakin banyak lagi penerbit universitas yang bergabung menjadi anggota Ikapi. “Untuk sekarang ini kami masih fokuskan kerja sama ke kampus dalam hal membuat pameran buku bersama,” katanya. Selain itu, jika kampus-kampus mempunyai penerbitan, Ikapi akan menarik mereka untuk menjadi anggota Ikapi.

Penandatanganan nota kesepahaman menjadi salah satu mata acara dalam rangkaian kegiatan Medan Book Fair 2019 yang diadakan pada 4-8 November 2019 di Kampus UMSU, Jalan Muchtar Basri Medan. Tak hanya berbelanja buku, pengunjung pameran ini juga dapat mengikuti beragam aktivitas lain seperti bedah buku dan pelatihan creative writing, sharing bersama JS Khairen, dan lomba vlog BI Corner.

X