Pilih Laman

JAKARTA – Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) sukses menyelenggarakan Konferensi Kerja Nasional (Konkernas), pada 14-15 Februari 2020. Acara yang dihadiri oleh seluruh Dewan Pertimbangan, Pengurus Pusat dan Pengurus Daerah ini bertempat di Hotel The Acacia, Jakarta.

Dalam konferensi tersebut, Ikapi mengumumkan pembentukan Ikapi daerah baru. Ada 3 daerah yang menjadi keluarga baru Ikapi, yakni Ikapi Lampung, Ikapi Kepulauan Riau dan Ikapi Sulawesi Utara. Ketiga daerah tersebut hadir dan memberikan sambutan kepada para peserta Konkernas.

Selain itu, pemilihan ketua umum yang akan dilaksanakan pada Musyawarah Nasional pada 27-28 November 2020 sudah diputuskan menggunakan sistem e-voting. Sehubungan dengan hal tersebut, Andreas Pardyanto yang merupakan seorang IT Consultant diundang untuk memberikan gambaran dan informasi terkait e-voting.

Dalam paparannya, Andreas menjelaskan mengenai apa itu e-voting dan bagaimana tata cara pemilihannya. Menurutnya, e-voting memiliki sistem yang sangat mudah karena pemilih dapat memberikan suaranya tanpa dibatasi ruang dan waktu. Hanya bermodalkan gawai yang terhubung ke internet proses pemungutan suara  dilakukan.  “Sudah banyak lembaga yang menerapkan e-voting karena bisa meningkatkan partisipasi pemilih,” ujarnya.

 

X