Film memang media hiburan yang menyenangkan. Nah, sejak lama, banyak film yang diangkat dari buku. Mulai dari Dracula, Moby Dick, The Godfather, Les Miserables, The Great Gatsby, Jane Eyre, Of Mice and Men, War and Peace, Oliver Twist, The Three Musketeers, hingga Pride and Prejudice, The Age Innocence, The Lord of the Rings, dan lain-lain.

Film Indonesia juga banyak yang diangkat dari buku. Kali ini kami mau menginformasikan film-film Indonesia yang diadaptasi dari buku, di mana buku atau penulisnya pernah meraih Ikapi Awards. Check this out!

1. 99 Cahaya di Langit Eropa. Novel karya Hanum Rais & Rangga Almahendra ini meraih Ikapi Awards kategori Book of the Year pada tahun 2017. Selain 99 Cahaya di Langit Eropa, novel mereka yang juga telah diadaptasi menjadi film adalah Bulan Terbelah di Langit Amerika.

2. Perahu Kertas. Penulisnya, Dee Lestari, adalah peraih Ikapi Awards dua kali untuk kategori Book of the Year, yakni Intelegensia Embun Pagi (2016) dan Aroma Karsa (2018). Oh ya, selain Perahu Kertas, buku Dee Lestari yang pernah diadaptasi menjadi film adalah Supernova, Filosofi Kopi, dan Madre.

 

3. Laskar Pelangi 2: Edensor. Film ini diadaptasi dari buku kedua tetralogi Laskar Pelangi, Edensor. Sang penulis, Pak Cik Andrea Hirata adalah peraih Ikapi Awards untuk kategori Writer of the Year pada tahun pertama penyelenggaraan Ikapi Awards, yakni tahun 2010.

4. Dilan 1990. Pidi Baiq meraih Ikapi Awards kategori Writer of the Year pada 2017. Selain Dilan 1990, buku Surayah (panggilan akrab beliau) yang didaptasi jadi film adalah Dilan 1991 dan Milea: Suara Hati Dilan.

5. Moga Bunda Disayang Allah. Penulis novel ini, Tere Liye, telah menulis puluhan buku best seller. Pemilik nama asli Darwis ini meraih Ikapi Awards kategori Writer of the Year pada tahun 2016. Selain Moga Disayang Allah, beberapa novel Tere Liye lainnya juga pernah diadaptasi menjadi film. Seperti, Hafalan Shalat Delisa, Bidadari Surga, dan Rembulan Tenggelam di Wajahmu.

6. Teluk Alaska. Film ini diangkat dari novel berjudul sama, karya Eka Aryani. Teluk Alaska meraih Ikapi Awards kategori Book of the Year pada tahun 2020.

7. Hujan Bulan Juni. Sobat Ikapi pasti sangat familier dengan judul ini. Ya, benar. Film ini diangkat dari karya sastrawan yang banyak mencipta puisi-puisi indah, alm Sapardi Djoko Damono. Pak Sapardi dianugerahi Ikapi Awards kategori Life Achievement pada 2020.

8. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Buku yang diawali dari konten di Instagram ini ditulis oleh Marchella FP. Telah terjual puluhan ribu eksemplar dan diadaptasi menjadi film pada 2020. Marchella FP adalah Wrirter of the Year Ikapi Awards tahun 2019.

9. Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas. Buku ini ditulis oleh Eka Kurniawan, yang meraih Ikapi Awards kategori Book of the Year (untuk buku Lelaki Harimau) pada tahun 2015.

10. Ranah 3 Warna. Film yang diangkat dari novel berjudul sama, hari ini (30 Juni 2022) resmi tayang di bioskop-bioskop tanah air. Penulisnya, Ahmad Fuadi meraih Ikapi Awards Writer of the Year pada 2011. Selain Ranah 3 Warna, buku A. Fuadi yang pernah difilmkan adalah Negeri 5 Menara.

Mana dari buku-buku di atas yang sudah kamu baca atau tonton filmnya?

Skip to content