Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan dan Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 3 Tahun 2017, mengamanatkan terwujudnya buku bermutu. Buku bermutu adalah buku yang memenuhi standar mutu mencakup isi, penyajian, desain, dan grafika.

Untuk mewujudkan buku yang bermutu tersebut, diperlukan suatu standar, kaidah, kode etik pemerolehan serta penerbitan naskah buku, dan standar penilaian buku. Dalam rangka merealisasikan hal tersebut, Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek sesuai dengan tugas dan fungsinya, telah menyusun Peraturan Menteri Nomor 22 Tahun 2022 tentang Standar Mutu Buku, Standar Proses dan Kaidah Pemerolehan Naskah, serta Standar Proses dan Kaidah Penerbitan Buku serta Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2022 tentang Penilaian Buku Pendidikan.

Supaya kedua Peraturan Menteri tersebut terlaksana dengan baik, maka didukung aturan turunan. Terdapat dua aturan turunan, pertama, Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 030/P/2022 tentang Pedoman Perjenjangan Buku, dan kedua, Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 039/H/P/2022 tentang Pedoman Penilaian Buku Pendidikan.

Kedua regulasi perbukuan telah resmi diundangkan. Selama dua hari, 20-21 Juli 2022, Pusat Perbukuan melakukan kegiatan sosialisasi secara serempak di enam wilayah, bekerja sama dengan Ikapi Provinsi. Keenam wilayah tersebut adalah: Medan (Sumatera Utara), Bandung (Jawa Barat), Tangerang (Banten), Yogyakarta, Malang (Jawa Timur), dan Denpasar (Bali). Kegiatan sosialisasi ini bertujuan menyebarluaskan norma-norma pada regulasi tersebut, agar menjadi pedoman dalam mewujudkan buku yang bermutu bagi dunia pendidikan di Indonesia. Ketua Ikapi, Arys Hilman Nugraha, turut menjadi narasumber pada sosialisasi di Medan, Sumatera Utara.

Sosialisasi di Medan, Sumatera Utara

Sosialisasi di Medan, Sumatera Utara

 

Sosialisasi di Yogyakarta

Sosialisasi di Yogyakarta

 

Sosialisasi di Bandung, Jawa Barat

Sosialisasi di Bandung, Jawa Barat

 

Sosialisasi di Denpasar, Bali

Sosialisasi di Denpasar, Bali

 

Sosialisasi di Malang, Jawa Timur

Sosialisasi di Malang, Jawa Timur

 

Sosialisasi di Tangerang, Banten

Sosialisasi di Tangerang, Banten

Skip to content