Sosialisasi di Medan, Sumatera Utara

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan dan Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2017 mengamanatkan terwujudnya buku bermutu, murah, dan merata. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek bertanggung jawab melakukan perhitungan harga eceran tertinggi (HET) atas buku-buku pendidikan.

Sosialisasi di Bogor, Jawa Barat

Pada bulan Februari 2023, Pusat Perbukuan telah melakukan survei komponen produksi buku dengan responden dari penerbit, percetakan, dan toko/distributor kertas secara daring. Dalam rangka mengonfirmasi data survei komponen penyusunan HET buku pendidikan, pada 15 Maret 2023, Pusat Perbukuan mengadakan sosialisasi di beberapa provinsi di Indonesia. Lima kota yakni Solo, Bogor, Surabaya, Medan, dan Makassar, dipilih dalam pelaksanaan Sosialisasi dan Survei Komponen Penyusun Harga Eceran Tertinggi (HET) Buku Pendidikan.

Sosialisasi di Makassar, Sulawesi Selatan

Bapak Adi Setiawan dari Pusat Perbukuan, pada sosialisasi di Bogor mengatakan bahwa tujuan sosialisasi tersebut adalah untuk mengumpulkan pihak-pihak yang berkepentingan dan mengakomodasi aspirasi para penerbit. Pusat Perbukuan ingin mengetahui secara jelas komponen apa saja yang digunakan—terutama—oleh para penerbit dalam menentukan HET. Selama ini ada banyak buku pendidikan yang bermutu, tapi tidak bisa masuk satuan pendidikan karena belum ada HET.

Sosialisasi di Surabaya, Jawa Timur

Terjadi diskusi yang cukup menarik dalam sosialisasi di Bogor. Para perwakilan penerbit dan Ikapi yang diwakilkan oleh Bapak Mappa Tutu, memberikan opini dan masukan terkait penyusunan HET buku pendidikan.

Sosialisasi di Solo, Jawa Tengah

Sementara itu, Ketua Umum Ikapi, Bapak Arys Hilman Nugraha, menjadi narasumber pada sosialisasi di Solo, Jawa Tengah, bersama dengan Kepala Pusat Perbukuan, Bapak Supriyatno.

Di kota lain seperti Surabaya, Medan, dan Makassar, sosialisasi juga berjalan lancar dihadiri perwakilan penerbit yang berkedudukan di masing-masing kota. []

Baca juga: Sosialisasi Regulasi Perbukuan Standar dan Kaidah Perbukuan serta Penilaian Buku Pendidikan

Skip to content