Pilih Laman

Pengurus Pusat Ikapi menyelenggarakan rapat koordinasi bersama dengan Pengurus Ikapi Daerah Sumatera pada 19 Desember 2020. Dalam pertemuan via zoom tersebut ada beberapa hal yang disampaikan Pengurus Pusat, diantaranya:

  • Ikapi akan fokus dengan buku muatan lokal. Dengan adanya Ikapi Store yang merupakan marketplace milik Ikapi, diharapkan para anggota bisa berpartisipasi.
  • Ikapi berencana mempunyai perayaan tahunan di Hari Buku Nasional ini yang bisa dirayakan secara bergilir di berbagai provinsi.
  • Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Ikapi masih dalam proses pembentukan dan menjadi prioritas untuk tahun ini.
  • Ikapi bersama dengan Perkumpulan Reka Cipta Indonesia sudah melakukan rapat terkait pembajakan buku yang kian marak. Ikapi juga sudah bertemu dengan konsultan hak cipta namun memang diperlukan persuasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai buku bajakan.
  • Pengurus baru di bidang buku pendidikan diharapkan bisa memperkuat kedudukan Ikapi di Kemendikbud.

Selain itu, beberapa Ikapi daerah Sumatera juga sudah melakukan Musyawarah Daerah, diantaranya yaitu Ikapi Daerah Aceh dan Daerah Sumatera Selatan dengan Dimas Sadiman terpilih sebagai Ketua. Terkait Musda yang berbeda-beda di beberapa daerah, Pengurus Pusat akan mempelajari lagi AD/ART agar saat Konkernas 2021 hal ini bisa diselesaikan.

Hubungan antara Pemerintah Daerah dengan Ikapi Daerah di Sumatera juga menjadi perhatian. Oleh karena itu peran Pengurus Pusat dirasa penting bagi daerah dalam membantu kerja sama dengan pemerintah terutama terkait dengan audiensi.

Diharapkan, melalui rapat koordinasi ini para Pengurus Pusat dan Pengurus Ikapi Daerah Sumatera bisa saling bekerja sama untuk memajukan Ikapi ke depannya.

X