Setiap tahun Ikapi menyelenggarakan Konferensi Kerja Nasional (Konkernas). Tahun ini, Konkernas dilaksanakan pada 23—24 Februari 2024. Selain Pengurus Pusat, hadir pada Konkernas kali ini Dewan Pertimbangan Pusat, yakni Udanarto Pudji Ludwinto, Rosidayati Rozalina, Kartini Nurdin, dan Afrizal Sinaro, serta 16 dari 18 Pengurus Daerah Ikapi. Pengurus Daerah Ikapi yang hadir adalah Ikapi Aceh, Ikapi Sumatera Utara, Ikapi Sumatera Barat, Ikapi Sumatera Selatan, Ikapi Kepulauan Riau, Ikapi Riau, Ikapi Lampung, Ikapi Banten, Ikapi DKI Jakarta, Ikapi Jawa Barat, Ikapi Jawa Tengah, Ikapi Jawa Timur, Ikapi DI Yogyakarta, Ikapi Sulawesi Selatan, Ikapi Sulawesi Tengah, dan Ikapi Sulawesi Utara.

Ketua Umum Ikapi, Arys Hilman Nugraha, dalam sambutannya menyatakan Konkernas 2024 Ikapi adalah konkernas pertama pasca pandemi Covid-19 yang dilakukan secara luring. Konkernas 2021—2022 dilakukan secara daring dan Konkernas 2023 secara hibrida (luring dan daring). “Berakhirnya pandemic juga memberi optimisme pemulihan industri perbukuan, salah satunya perhatian dari Pemerintah. Selama tahun 2023 Pengurus Pusat Ikapi telah berkomunikasi secara intensif lebih dari 50 kali dengan kementerian atau lembaga yang terkait dengan industri perbukuan,” jelas Arys yang merupakan Ketua Umum Ikapi periode 2020-2025.

Arys menambahkan, dukungan Pemerintah sangat penting, karena penerbit bertanggung jawab untuk menjalankan UU Sistem Perbukuan. Namun, UU tersebut terlalu banyak menuntut penerbit, contohnya amanat untuk membuat buku yang bermutu, murah, dan merata. Untuk syarat bermutu, para penerbit sudah terbiasa melakukan, tetapi untuk murah dan merata, Pemerintah harus terlibat dan membantu penerbit.

Pada Konkernas ini, Pengurus Pusat dan Pengurus Daerah juga melaporkan program kerja 2023 dan rencana program kerja 2024 serta hambatan dan tantangan yang dihadapi. Dari hambatan-hambatan yang ada, terutama yang dihadapi Pengurus Daerah, muncul beragam masukan antar Pengurus Daerah. Inilah yang menjadi pesan dari Konkernas kali ini, yakni meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar Pengurus Daerah.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga diresmikan logo baru Ikapi. Logo baru Ikapi berbentuk susunan lima buku terbuka yang melingkar dari saling berkaitan dan bersinergi. Bentuk tersebut  merepresentasikan kekuatan, ketangguhan, dan solidaritas yang berorientasi pada keberhasilan dan kesuksesan bersama. []

Baca juga: Rapat Kerja 2024 Ikatan Penerbit Indonesia

Skip to content