Pilih Laman

Jumat, 30 Oktober 2020 rangkaian acara menuju Pemilihan Ketua Umum IKAPI Pusat periode 2020-2025 ditandai dengan Acara Kick Off  Masa Kampanye para kandidat yang dilangsungkan di Gedung Ikapi, Kalipasir, Jakarta Pusat. Acara ini selain dihadiri oleh panitia dan para kandidat, juga akan  menghadirkan secara terbatas tim kampanye masing-masing kandidat dan  tokoh-tokoh di industri perbukuan Indonesia. Mereka sengaja diundang oleh panitia untuk memberi semangat dan sekaligus menunjukkan harapan kepada para kandidat agar bisa memberikan yang terbaik untuk kemajuan IKAPI jika kelak mereka terpilih sebagai ketua umum.

Pemilihan Ketua Umum IKAPI pusat merupakan salah satu agenda dalam Munas IKAPI ke 19 yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 sampai dengan 28 November 2020 nanti. Dalam Munas tersebut akan dilakukan pula penyusunan rencana strategis  (Renstra) IKAPI, penyusunan program kerja IKAPI 5 tahun ke depan, pengesahan AD/ART IKAPI dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan eksistensi dan peran IKAPI sebagai rumah bagi Industri perbukuan di tanah air. Ketua umum terpilih nantinya akan membentuk kepengurusan baru yang akan bekerja selama 5 tahun ke depan. Pemilihan Ketua Umum IKAPI kali ini berbeda dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya. Panitia Pemilihan yang merupakan bagian dari panitia penyelenggara Munas IKAPI ke 19 telah memutuskan bahwa seluruh rangkaian acara dalam Munas akan dilangsungkan secara daring. Ini artinya pemilihan Ketua Umum IKAPI juga akan dilangsungkan secara daring, dimana para peserta Munas yang hadir secara daring akan memberikan suara mereka melalui sistem voting elektronik. Pilihan ini diambil panitia setelah mempertimbangkan berbagai hal, terutama karena belum meredanya ancaman wabah covid 19 di Indonesia.

Sebelum kegiatan Kick Off masa kampanye dilangsungkan, IKAPI telah membentuk seleksi Calon ketua IKAPI periode 2020-2025 diketuai oleh Drs. Mahfudi dengan tugas melakukan seleksi calon ketua umum IKAPI periode 2020-2025 dan menyusun agenda acara selama penyelenggaraan Munas.  Penjaringan bakal calon telah dimulai oleh panitia sejak bulan Agustus lalu. Mekanisme pengajuan bakal calon adalah dengan memberi kebebasan setiap IKAPI daerah untuk mengusulkan 3 nama sebagai bakal calon ketua umum IKAPI. Dari semua nama yang telah diajukan, panitia kemudian memilih 5 nama dengan suara terbanyak untuk diajukan dalam seleksi berikutnya. Setelah itu, dari  5 bakal calon yang telah dipilih, panitia menetapkan 3 nama sebagai calon tetap yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga IKAPI berkaitan dengan calon ketua umum IKAPI.

Ketiga nama calon tetap Ketua Umum IKAPI periode 2020-2025 adalah

  1. Rosidayati Rozalina (Penerbit Remaja Rosda Karya)
  2. Arys Hilman Nugraha (Pustaka Abdi Bangsa/Penerbit Republika)
  3. Setia Darma Madjid (Yayasan Koma)

Acara Kick Off dilangsungkan dalam protokol kesehatan yang ketat, dimana panitia memberi batasan orang yang hadir, dan masing-masing kandidat hanya boleh mengajak maksimal 3 orang sebagai pendamping. Selain itu, bagi mereka yang tidak berkesempatan hadir, Panitia menayangkan langsung kegiatan ini melalui halaman youtube IKAPI. Sedangkan pengurus-pengurus IKAPI daerah dan cabang yang tidak berkesempatan hadir di Kalipasir secara langsung, bisa mengikuti kegiatan ini melalui aplikasi zoom meeting.

Acara dimulai dengan pemaparan tata laksana kampanye oleh ketua Organizing Committee Munas IKAPI ke 19 Djadja Subagja. Setelah pemaparan ini diharapkan para kandidat dapat memahami aturan pelaksanaan kampanye baik secara daring maupun tatap muka, penggalangan dukungan dan hal-hal lain yang perlu dilakukan agar tercipta suasana kampanye yang sejuk dan damai. Acara kemudian  dilanjutkan dengan pengundian nomor urut calon. Dalam acara ini, para kandidat diminta untuk mengambil amplop yang telah disediakan panitia dan kemudian menunjukkan nomor urut yang tercantum pada kertas di dalam amplop yang telah mereka ambil.

Hasil pengundian nomor urut calon untuk pemilihan ketua Umum IKAPI periode 2020 – 2025 adalah sebagai berikut

Nomor  1         :           Arys Hilman Nugraha
Nomor  2         :           Setia Darma Madjid
Nomor  3         :           Rosidayati Rozalina

Setelah selesai pengundian nomor urut, panitia memberi kesempatan kepada masing-masing kandidat untuk menyampaikan visi misi mereka dalam menahkodai IKAPI 5 tahun ke depan dan sekaligus memperkenalkan tim kampanye yang akan mendukung mereka selama masa kampanye berlangsung. Acara ditutup dengan ramah tamah antara para kandidat dengan seluruh yang hadir dalam kegiatan Kick Off masa kampanye ini.

__
Junaidi Gafar

X