KBRI Doha dengan dukungan dari Kemendikbud Ristek dan para penerbit yang tergabung dalam Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) telah berpartisipasi dalam ajang Doha Internasional Book Fair (DIBF) ke 31, 13-22 Januari 2022.

KBRI Doha menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kemendikbud Ristek khususnya Pusat Buku dan para penerbit yang tergabung dalam Ikapi yang telah mendukung penuh keikutsertaan KBRI Doha pada ajang tersebut a.l. Dengan mengirimkan buku dan video yang telah turut kami pamerkan dalam ajang tersebut.

DIBF diikuti oleh sekitar 430 penerbit, 90 distributor, lembaga kebudayaan dari 37 negara. Tercatat sekitar sembilan kedutaan, termasuk KBRI Doha turut berpartisipasi dalam DIBF ke-31. Amerika Serikat sebagai negara mitra dari Qatar Year of Culture 2021 menjadi Guest of Honor dalam ajang DIBF 2022.

De IBF 2022 diselenggarakan di tengah kehawatiran terus meningkatnya angka kasus kau fit nine teen di Qatar. Oleh karena itu panitia membatasi para pengunjung secara ketat. Vaksinasi juga menjadi syarat wajib mengunjungi pameran. Tingginya kasus kau fit 19 juga menjadi salah satu penyebab para penerbit asal Indonesia tidak dapat menghadiri di bf secara langsung.

DIBF 2022 diselenggarakan di tengah kehawatiran terus meningkatnya angka kasus Covid-19 di Qatar. Oleh karena itu panitia membatasi para pengunjung secara ketat. Vaksinasi juga menjadi syarat wajib mengunjungi pameran. Tingginya kasus Covid-19 juga menjadi salah satu sebab para penerbit asal Indonesia tidak dapat menghadiri DIBF secara langsung.

Selain pameran buku, ajang di DIBF juga diisi dengan diskusi bedah/peluncuran buku yang diikuti oleh para penulis dari kawasan. Beberapa lembaga penerbitan dari negara tetangga seperti Uni Emirat Arab (Sharjah Book Authority), yang sebelumnya berkonflik dengan Qatar turut mengikuti ajang ini.

Indonesia akan menjadi partner country atau negara mitra pada ajang Qatar Year of Culture 2023. Dengan status tersebut, berdasarkan praktik yang berlaku, Indonesia akan menjadi Guest of Honor dalam kegiatan Doha Internasional Book Fair 2023. Sebagai Guest of Honor, Pemri d.h.i. Kemendikbud Ristek perlu mempersiapkan acara tersebut secara maksimal. Ajang DIBF adalah kesempatan yang sangat baik untuk mempromosikan literasi Indonesia di Qatar dan kawasan.

Pada ajang DIBF 2022, KBRI mendapat komitmen dari beberapa agensi buku asal Qatar dan negara lain seperti Aljazair untuk turut mengedarkan/menjual buku anak anak asal Indonesia di negara mereka. Namun, para penerbit tersebut meminta agar buku buku dimaksud dapat diterjemahkan dan dicetak di Indonesia karena biayanya akan lebih murah. Komitmen tersebut perlu ditindaklanjuti dengan komunikasi lebih lanjut antar para Penerbit. KBRI Doha akan memfasilitasi komunikasi dimaksud.

Lampiran

Laporan Keikutsertaan KBRI Doha pada Doha International Book Fair, 13-22 Januari 2022-1

Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbud

Skip to content