Setelah hampir tiga tahun rapat secara daring, Ikapi kembali mengadakan rapat kerja (raker) secara luring. Raker yang dihadiri Pengurus dan Dewan Pertimbangan Pusat ini diselenggarakan pada 27-28 Januari 2023.

Ada banyak hal yang dibicarakan pada raker kali ini, sesuai dengan bidang-bidang yang ada dalam kepengurusan pusat Ikapi. Selain mengevaluasi program kerja tahun 2022, raker juga mendiskusikan rencana program 2023. Mulai dari keorganisasian, hubungan/kerja sama Ikapi dengan Ikapi Daerah dan berbagai pihak (dalam dan luar negeri), riset perbukuan, pembajakan buku, hingga pameran buku.

Tiga lembaga (Alinea, Borobudur Agency, dan Ikapi Store) juga memaparkan program kerja setahun ke depan.

Sebagai satu-satunya asosiasi penerbit buku di Indonesia beranggotakan lebih dari 1.900 penerbit, Ikapi selalu berupaya memajukan para penerbit dan menjalin komunikasi dan relasi dengan banyak pihak. Untuk itu raker yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini juga mengadakan diskusi perbukuan dengan narasumber Bapak Ferdiansyah, anggota DPR RI Komisi X. Bapak Ferdiansyah memaparkan tantangan yang harus dihadapi Ikapi.

Raker kali ini cukup lengkap dihadiri oleh pengurus pusat, yakni ketum dan jajaran wakil ketua tiap bidang , sekum, dan bendum. Sementara dari Dewan Pertimbangan hadir ketua (Udanarto Pudji Ludwinto) dan tiga anggota, yakni Rosidayati Rozalina, Evi Afrizal Sinato, dan Kartini Nurdin.

Raker terselenggara atas dukungan Jakarta Experience Board (JXB). []

 

Skip to content