Online Introductory Meeting for IRF Participants

Salah satu acara penting di Indonesia International Book Fair 2023 yang diselenggarakan oleh Ikapi adalah Indonesia Rights Fair (IRF).

IRF merupakan sarana untuk transaksi copyrights dan aktivitas co-publishing dan akan diselenggarakan pada 27-29 September 2023 di area IIBF 2023 yakni Hall 1, ICE BSD City, Kab. Tangerang.

Agar para peserta IRF lebih mengenal satu sama lain sebelum bertemu langsung, panitia mengadakan introductory meeting untuk semua peserta baik dalam dan luar negeri serta Sharing Session Berbagi Pengalaman Berdagang Hak Cipta ke Mancanegara, khusus untuk peserta dalam negeri.

Pada introductory meeting yang dihadiri sekitar 40 peserta dari 10 negara, Ketua Umum Ikapi yang juga Direktur Republika Penerbit, Arys Hilman, mengatakan bahwa IRF merupakan momen penting bagi para peserta untuk mendapatkan hak cipta beragam naskah yang menarik. Indonesia sendiri merupakan negeri yang kaya dengan ragam budaya dan literatur. IRF diharapkan menjadi ajang yang saling meguntungkan bagi para peserta.

Selain acara perkenalan, acara introductory meeting juga diisi dengan presentasi mengenai Virtual International Rights Fair (VIRF) yang disampaikan oleh Sartika Dian. VIRF merupakan sebuah platform yang bukan bertujuan mengganti offline rights fair. Namun, VIRF berupaya menjadi penghubung bagi para penerbit atau agensi untuk membantu jual beli hak cipta secara online.

Baca juga: Indonesia Rights Fair (IRF) akan Kembali Diselenggarakan di IIBF 2023

Pada petang hari, acara berlanjut dengan Sharing Session Berbagi Pengalaman Berdagang Hak Cipta ke Mancanegara. Tiga narasumber, yakni Yuliani Liputo (Mizan Pustaka), Wedha Stratesti (Gramedia), dan Nung Atasana (Borobudur Agency) berbagi pengalaman mereka sebagai Foreign Rights Acquisition, dimoderatori oleh Dian Andiani, panitia IIBF 2023 Bidang Kepesertaan Luar Negeri yang juga redaksi Pustaka Obor Indonesia.

Banyak wawasan, kiat serta trik terkait menjual hak cipta yang dibagi oleh ketiga narasumber. Acara diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab.

Skip to content