Ikapi telah berusia 73 di tahun 2023. Selama kurun waktu tersebut, anggota Ikapi telah tersebar di 31 dari 38 provinsi yang ada di Indonesia. Sementara itu, 18 provinsi telah memiliki Ikapi Daerah. Daerah mana saja yang memiliki kepengurusan Ikapi Daerah dan berapa sebenarnya jumlah penerbit anggota Ikapi?

Sejarah Singkat Ikapi
Sebelum beranjak pada data Ikapi yang ada di Indonesia, kita mundur ke belakang sedikit, yuk. Inisiatif pendirian Ikapi berasal dari Sutan Takdir Alisjahbana, M. Jusuf Ahmad, dan Nyonya A. Notosoetardjo. Setelah melalui pertemuan dengan para penerbit, pada 17 Mei 1950 dalam rapat antar penerbit Indonesia, Ikapi resmi berdiri. Terpilih sebagai ketua adalah Achmad Notosoetardjo, dengan wakil ketua Ny. Sutan Takdir Alisjahbana, Machmoed sebagai sekretaris, M. Jusuf Ahmad sebagai bendahara, dan John Sirie sebagai komisaris.

Ikapi Daerah Pertama
Pada September 1953, Ketua Ikapi Achmad Notosoetardjo, melakukan kunjungan ke Medan, Sumatera Utara. Kala itu Medan dikenal sebagai “kota pengarang roman” dan telah memiliki organisasi penerbit lokal dan organisasi yang berisikan para pedagang buku bernama Gabungan Penerbit Medan (Gapim). Kunjungan ketua Ikapi disambut baik oleh para penerbit di Kota Medan. Pada Oktober 1953 terbentuklah Ikapi Sumatera Utara yang merupakan Ikapi Daerah pertama di Indonesia. Ikapi Sumatera Utara saat itu beranggotakan 16 penerbit.

Selanjutnya, pada Kongres I Ikapi di Jakarta, tanggal 16–18 Maret 1954, Ikapi mengesahkan cabang-cabang Ikapi untuk wilayah Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Jaringan Ikapi Daerah
Hingga tahun 2023, anggota Ikapi telah tersebar di 31 dari 38 provinsi di Indonesia. Dari keberadaan di 31 provinsi tersebut, telah terbentuk kepengurusan Ikapi Daerah di 18 provinsi, yakni:

  1. Ikapi Daerah Aceh
  2. Ikapi Daerah Sumatera Utara
  3. Ikapi Daerah Sumatera Barat
  4. Ikapi Daerah Sumatera Selatan
  5. Ikapi Daerah Riau
  6. Ikapi Daerah Kepulauan Riau
  7. Ikapi Daerah Lampung
  8. Ikapi Daerah Banten
  9. Ikapi Daerah DKI Jakarta
  10. Ikapi Daerah Jawa Barat
  11. Ikapi Daerah Jawa Tengah
  12. Ikapi Daerah Jawa Timur
  13. Ikapi Daerah Yogyakarta
  14. Ikapi Daerah Bali
  15. Ikapi Daerah Kalimantan Barat
  16. Ikapi Daerah Sulawesi Tengah
  17. Ikapi Daerah Sulawesi Utara
  18. Ikapi Daerah Sulawesi Selatan

Tiga belas provinsi belum terdapat Ikapi Daerah, tapi telah ada penerbit-penerbit yang menjadi anggota Ikapi, yakni: Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Jumlah Anggota Ikapi
Lantas, berapa sebenarnya jumlah penerbit anggota Ikapi? Berdasar data dari Sekretariat Ikapi, hingga September 2023 tercatat 2.470 penerbit anggota Ikapi yang tersebar di 31 provinsi. Dari jumlah tersebut, Ikapi Daerah DKI Jakarta memiliki anggota paling banyak, yaitu 631 anggota. Disusul Ikapi Daerah Jawa Barat dengan 471 anggota, Ikapi Daerah Jawa Timur dengan 383 anggota, Ikapi Daerah Jawa Tengah dengan 272 anggota, dan Ikapi Daerah Yogyakarta dengan 177 anggota. Jadi, hampir 80% penerbit anggota Ikapi ada di Pulau Jawa. Namun, dari 2.470 anggota yang terdaftar, hanya 1.428 yang masih aktif keanggotaannya hingga tahun 2023.

Kalau Anda memiliki penerbitan dan ingin menjadi anggota Ikapi, silakan cek persyaratannya di sini. Jika ingin tahu manfaat menjadi anggota Ikapi, baca di sini.

Pengajuan menjadi anggota dapat dikirim melalui email sekretariat@ikapi.org. []

Skip to content